Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya




Rambut rontok atau alopesia adalah penurunan jumlah rambut pada kulit kepala. Sebagian besar orang pernah mengalami rambut rontok. Merupakan suatu hal yang normal untuk kehilangan 100 helai rambut per harinya. Namun jika berlebihan, terkadang ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan.

Rambut rontok berlebihan (lebih dari 100 helai per hari) bisa disebut sebagai telogen effluvium.Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja (pitak).Tapi rambut tampak tipis secara keseluruhan.Menurut dokter ahli ilmu penyakit kulit, kondisi ini bisa terjadi setelah tubuh atau Anda pribadi mengalami stres atau tertekan.

Apa yang menyebabkan rambut rontok?

Memang benar bahwa pria lebih mungkin untuk kehilangan rambut daripada perempuan, sebagian besar karena kebotakan.Tapi, rambut menipis dan rontok juga sering terjadi pada wanita.Alasannya berkisar dari yang paling sederhana dan sementara seperti kekurangan vitamin, hingga ke masalah yang lebih kompleks, seperti tanda dan gejala dari suatu penyakit.

Kerontokan Rambut Akibat Perubahan Hormon

Pola kerontokan rambut akibat hormon dikenal dengan istilah medis sebagai alopesia androgenik.Kerontokan ini biasanya terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun, atau pada wanita setelah melewati masa menopause.

Hormon yang diduga berperan dalam proses perontokan rambut adalah dihydrotestosterone (DHT). Hormon ini dihasilkan oleh hormon progesteron. DHT akan menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga lama kelamaan rambut akan rontok.

1. Stress

Segala macam trauma fisik dari mulai stress berat, pascamelahirkan, kecelakaan, penurunan berat badan signifikan, atau penyakit serius, bahkan flu, hingga faktor emosional seperti perceraian, berkabung, atau tekanan pekerjaan, bisa menyebabkan rambut rontok dalam jumlah besar walaupun hanya berlangsung sementara. Ini disebut juga telogen effluvium.
2. Keturunan
Jika faktor keturunan jadi penyebab rambut menipis, obat penumbuh rambut jadi salah satu solusinya. Namun, sebagian obat penumbuh rambut akan kehilangan khasiatnya jika berhenti digunakan. Maka, cobalah cari alternatif lain selain obat. 
 Pengaruh gizi. Asupan gizi yang buruk dapat menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh.

3. Kekurangan vitamin B

Defisiensi vitamin B termasuk jarang, namun kerontokan rambut akibat kekurangan vitamin B termasuk mudah ditangani.
Cara mengatasi: rutin konsumsi suplemen vitamin B, dan mengubah pola dan menu makan Anda dengan bahan-bahan makanan kaya vitamin B (daging, ikan, jagung, kentang, labu, kacang polong, ubi), dan buah-buahan non sitrus yang mengandung lemak baik, seperti alpukat dan kacang-kacangan.
4. Diabetes, sindrom Down, dan hipertiroidisme.
Ketiga kondisi ini bisa menyebabkan kerontokan yang disebut alopesia areata yang ditandai dengan pitak seukuran koin besar. Kerontokan ini biasanya terjadi pada remaja serta kalangan dewasa muda. Namun sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah satu tahun.
5. Efek samping obat-obatan.
Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani arthritis, depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.
6. Pengobatan Kanker
Kemoterapi, imunoterapi, dan radioterapi dapat menyebabkan jenis kerontokan rambut yang disebut anagen efluvium (kerontokan menyeluruh).Kerontokan ini juga bisa berdampak pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Namun sebagian besar kasus ini tidak bersifat permanen. Rambut biasanya dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

Tak salah apabila rambut dianggap sebagai sebuah mahkota bagi seseorang, sebab ia sangat berpengaruh terhadap penampilan. Jatuhnya setiap helai rambut tentu akan membuat penampilan terlihat buruk. Nah berikut ini ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa kamu coba.

1) Minyak Zaitun/Olive Oil

Cara menghilangkan rambut rontok yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun.Kita semua tahu, olive oil atau minya zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dimanfaatkan khasiatnya.

Untuk mengobati rambut yang rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah. Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

2) Lidah buaya – aloe vera

Lidah buaya atau aloe vera, sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai herbal berkhasiat untuk merawat rambut. Beberapa ahli berpendapat, kandungan vitamin dan mineral lengkap dalam tanaman ini akan merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, memperbaiki sel/jaringan rambut yang rusak, dan mampu menghitamkan rambut secara alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya:
·                     Sediakan lidah buaya seperlunya, cari yang masih segar.
·                     Belah menjadi dua bagian, lalu ambil gel yang ada di dalamnya.
·                     Oleskan lidah buaya ke seluruh kulit kepala setelah keramas.
·                     Diamkan selama kurang lebih 30 menit, atau sampai kering.
·                     Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih sempurna.
Note: lakukan minimal 1x sehari setelah mandi untuk hasil maksimal.

3) Pijit Kepala Dengan Campuran Teh Hijau & Daun Seledri

Sebelum kita memulai tahapan ini, sebaiknya kamu menyiapakan seperti:
  • Handuk kecil bersih 1 buah.
  • Mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat.
  • Teh Hijau dan daun Seledri yang telah diseduh
  • Jika sudah siap semua, hal pertama yang kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah ambil 1 handuk kecil bersih tadi lalu rendam handuk tersebut kedalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit.Selanjutnya peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang sudah diperas tadi selama kurang lebih 10 menit.
  • Sambil menunggu air menyerap ke kulit kepala, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang membuat kamu lebih rileks seperti yoga atau mendengarkan musik klasik atau tarik nafas secara pelahan dan berulang. Buat badan dan pikiran kamu merasa tenang.Hal ini bisa mencegah rasa strees pada diri kamu.
  • Setelah 10 menit, teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap kepada kulit kepala, kamu bisa memijat kulit kepala kamu agar tetesan tersebut menyerap ke kulit kepala.Terakhir bilas rambut kamu hingga bersih sampai tidak ada minyak yang tersisa pada kulit kepala dan rambut kamu.

4) Kemiri
Kemiri adalah bahan yang sering kali digunakan untuk bahan pembuatan masakan.Kemiri yang bisa di beli di pasar, bisa juga di jadikan Tips Cara Mencegah Rambut Rontok.untuk mengolahnya tinggal di jadikan minyak dan olesi pada rambut. bila rambut rontok ingin berkurang, maka pakailah dengan rutin. selain itu, tips cara merawat rambut rontok parah, bisa juga pakai minyak kemiri.
5) Santan
Tahukah kamu manfaat santan?Selain bisa kita gunakan untuk membuat masakan menjadi gurih dan nikmat, ternyata santan juga bisa digunakan untuk perawatan rambut rontok.

Santan kelapa mengandung beragam mineral alami yang diperlukan oleh rambut.Sebut saja seperti protein, vitamin B, zat besi, kalsium, dan sebagainya.Gunakan rutin agar rambut kamu semakin sehat dan lebat.

Cara mengobati rambut rontok dengan santan kelapa:
·                     Sediakan santan yang sudah siap pakai sebanyak 1 gelas.
·                     Bersihkan rambut dengan cara keramas sampai bersih.
·                     Oles dan pijatkan santan keseluruh bagian kulit kepala.
·                     Diamkan selama 1 jam sambil dibalut dengan handuk hangat.
·                     Setelah itu, bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

6) Yogurt
Yogurt yang menyimpan banyak rasa, seperti strawberry, vanila dan lain lain. tapi jika yogurt yang di gunakan untuk Tips Cara Merawat Rambut Rontok Parah, kita bisa menggunakan yogurt tanpa rasa. Cara penggunaannya, kalian bisa mengikuti petunjuk yang kami berikan.
Bisa kalian persiapkan bahan bahannya terlebih dahulu dan kemudian usapkan pada bagian rambut secara merata.diamkan beberapa menit dan bilas. Bukan yang mengatasi saja, tapi tips cara mencegah rambut rontok parah pun, bisa di atasi dengan yogurt. Cara menggunakannya, sama dengan yang sebelumnya.
Meskipun terlihat sepele, tapi jika kamu tak bisa menerapkan secara konsisten dan telaten, maka rambut rontok tidak akan teratasi. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini, antara lain:
·                     Kurangi mengikat rambut, terutama bagi kamu para wanita.
·                     Batasi intensitas keramas maksimal 1x sehari. Sebab keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami rambut.
·                     Usahakan selalu memijat rambut dengan lembut.
·                     Perbanyak konsumsi makanan sumber protein dan makanan sumber vitamin B12 agar rambut ternutrisi dari dalam.
·                     Hindari rambut terkena polusi, debu, dan sinar matahari selama proses perawatan rambut rontok diatas.
·                     Jangan membilas rambut dengan air panas, menggunakan pengering rambut, dan penggunaan obat kimia berbahaya lainnya.

Bagaimana, mudah bukan?itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa saya bagikan kali ini. Kamu tak perlu mencoba semua bahan diatas kok, cukup pilih salah satu saja yang menurut kamu paling mudah diterapkan.Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Penting Make Up Bagi Perempuan

Cara Melatih Otot Punggung Dengan Barbel Di Rumah

CARA MENGENCANGKAN OTOT PERUT DALAM WAKTU SINGKAT